PERTEMUAN 12 PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA (Bagian 3)
KELAS 5 Semester 2
Kompetensi Dasar 3.8
Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang atau diagram garis.
Indikator :
3.8.1. Menjelaskan penyajian data diri.
3.8.2 Membandingkan data dari lingkungan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mengamati gambar dan teks, siswa dapat menjelaskan penyajian data dalam bentuk diagram batang dengan percaya diri.
2. Dengan mengamati gambar dan teks, siswa dapat menjelaskan penyajian data dalam bentuk diagram garis dengan percaya diri.
3. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang dengan benar.
4. Dengan mengamati gambar dan penjelasan guru, siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBIASAAN : LITERASI, TADARUS AL-QUR'AN, HIDUP BERSIH
A. KEGIATAN PENDAHULUAN
1. Berdo'a sebelum belajar
Selamat berjumpa kembali adik-adik sekalian siswa kelas V, dalam pembelajaran Matematika kali ini kita akan membahas tentang Pengumpulan dan Penyajian Data. Sebelum kita belajar, marilah kita bersama-sama berdo'a.
2. Memeriksa Kehadiran Peserta Didik
Guru memeriksa kehadiran siswa
3. Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme dan Cinta Tanah Air dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
Silahkan Klik Video
4. Pesan Kesehatan
1. Siswa mengamati gambar dan teks bacaan.
2. Guru membimbing siswa membuat diagram batang.
3. Guru menjelaskan proses membuat diagram batang berdasarkan contoh pada buku siswa.
4. Dengan bimbingan guru, siswa menganalisis data dari diagram batang pada contoh sesuai dengan buku siswa.
5. Siswa mengamati teks tentang diagram garis.
6. Siswa mengamati gambar benda tentang pengukuran tinggi badan dan berat badan..
Materi Pembelajaran :
Melanjutkan pembahasan materi Pengumpulan dan penyajian data, perhatikan penjelasan berikut :
MENYAJIKAN DATA DENGAN DIAGRAM BATANG
DAN DIAGRAM GARIS
DIAGRAM BATANG
Tujuan dalam membuat diagram, yaitu untuk memudahkan bagi siapapun yang melihat data yang ditampilkan dalam bentuk sederhana.
Langkah-langkah dalam pembuatan diagram batang adalah sebagai berikut.
a) Buat dua buah sumbu, yaitu datar dan tegak, dalam sumbu datar biasanya ditulis bilangan frekuensinya, dalam pembagian skalanya pada masing-masing sumbu tidak selalu mengambil skala yang sama.
b) Masing-masing nama kategori untuk batangnya, berupa empat persegipanjang sebagai frekuensi. Lebar batang antara nama kategori harus sama. Jarak antara batang yang satu dengan batang yang lainnya juga harus sama.
c) Untuk selanjutnya, masing-masing batang tersebut diberi warna yang sama atau diarsir dengan corak yang sama.
Sebagai penjabarannya adalah berikut ini :
Dayu mencatat profesi semua orang tua di kelas V SD Nusantara 01. Setelah menanya satu per satu diperoleh data profesi orang tua siswa kelas V SD Nusantara 01 adalah sebagai berikut. Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 8 orang. TNI sebanyak 5 orang. Petani sebanyak 12 orang. Guru sebanyak 3 orang. Wiraswasta sebanyak 2 orang. Diagram batang dari data di atas adalah sebagai berikut.
Tabel berikut adalah data nilai ulangan Matematika siswa kelas VI
Penyelesaian
Berdasarkan diagram di atas dapat diperoleh hasil berikut.
• Siswa yang mendapatkan nilai 4 ada 2 anak.
• Siswa yang mendapatkan nilai 5 ada 6 anak.
• Siswa yang mendapatkan nilai 6 ada 9 anak.
• Siswa yang mendapatkan nilai 7 ada 8 anak.
• Siswa yang mendapatkan nilai 8 ada 5 anak.
• Siswa yang mendapatkan nilai 9 ada 4 anak.
• Siswa yang mendapatkan nilai 10 ada 2 anak.
MENYAJIKAN DATA DENGAN DIAGRAM GARIS
Diagram garis
Penyajian data statistik dengan memakai diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus ataupun diagram garis. Diagram garis biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang didapat berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan juga pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY. Selanjutnya, kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan didapat diagram garis atau sering disebut juga grafik garis.
Diagram garis menunjukkan adanya kaitan antar data. Data berat badan dan tinggi badan dapat diukur setiap waktu, data seperti ini disebut data kontinyu.
1. Membuat garis horisontal (mendatar), garis horisontal biasanya digunakan untuk waktu. Pada contoh di atas garis horisontal diisi umur siswa.
2. Membuat garis vertikal (tegak), garis vertikal pada contoh di atas diisi berat badan siswa.
3. Buatlah titik-titik pasangan antarumur dan berat badan. (Misal 7, 25).
4. Hubungkan titik-titik dengan garis.
Perkembangan berat badan Beni dapat disajikan dalam diagram garis sebagai berikut.
C. EVALUASI
1. Tanya jawab
Dalam sesi ini adik-adik bisa bertanya kepada guru masing-masing Pengumpulan dan penyajian data apabila ada yang belum jelas.
2. Mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik.
Klik : DISINI
D. PENUTUP
1. Menyanyikan Lagu Daerah
KLIK VIDEO







Posting Komentar untuk "PERTEMUAN 12 PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA (Bagian 3)"